Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Yang Digunakan Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar Disebut


Alat Yang Digunakan Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar Disebut
Alat Yang Digunakan Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar Disebut


Alat yang digunakan untuk menimbulkan muatan listrik yang besar disebut Generator Van De Graff, alat apa itu? Berikut kami jelaskan pengertian dan cara kerja dari alat yang menimbulkan muatan listrik yang besar atau Generator Van De Graff.


Jika seorang guru bertanya demikian "alat yang digunakan untuk menimbulkan muatan listrik yang besar disebut" maka jawabannya adalah Generator Van De Graf , berikut penjelasan lengkapnya.


Alat Yang Digunakan Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar Disebut
Alat Yang Digunakan Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar Disebut


Generator Van De Graff Alat Yang Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar

Untuk menimbulkan muatan listrik yang besar saat kita dengar alat yang namanya Generator Van de Graff maka terpikirkah oleh kamu apa dan bagaimana sich konsep kerjanya. Saat sebelum kita mengulas konsep kerja dari ´generator Van de Graff mari kita bahas dahulu ya secuplik riwayat Generator Van de Graff.


Apa yang dimaksud dengan generator Van de Graff? Generator Van de Graff adalah merupakan suatu alat yang bisa hasilkan muatan listrik statis dengan jumlah yang besar sekali lewat proses gesekan. Alat ini dibuat oleh Robert Van de Graaff seorang ilmuwan fisika dari Amerikapada tahun 1931.


Generator Van de Graff ini berperan untuk hasilkan daya listrik,terutamanya pemercepatan partikel memiliki muatan dalam eksploitasi atom. Bentuk dasar ´generator Van de Graffµ ini misalnya :


Sebuah Generator Van de Graff terdiri dari kubah logam, sisir logam bawah danatas, silinder logam pada bagian atas dan silinder politena pada bagian bawah, dan sabuk karet yang menyambungkan silinder logam dan silinder politena.


Proses Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Dari Generator Van De Graff

Konsep kerja generator Van de Graff´ ini, saat arus listri mengucur dan menggerakkan motor generator, silinder politena dan berputar-putar, selanjutnya menggerakkan sabuk karet. Gesekan di antara sabuk karet dan silinder politena mengakibatkan sabuk karet memiliki muatan positif.


Sabuk karet selanjutnya membawa daya listrik positif dan sisir logam bawah ke arah sisir logam atas yang dilanjutkan ke kubah . Maka, kubah menjadi memiliki muatan positif karena muatan negatif kubah akan tertarik ke sabuk karet untuk menetralisir muatan positif.


Sabuk karet terus mengarah ke bawah kembali dan mengalami gesekan kembali. Proses ini berjalan terus-terusan hingga kubah kumpulkan daya listrik positif dengan jumlah yang banyak.


Pada gambar di atas kelihatan jika daya listrik negatif pada sabuk karet bawah mengucur lewat sisir logam bawah ke tanah dan dinetralkan. Generator ini bisa hasilkan tenaga listrik sampai 2 juta volt. Jika kubah generator ditanahkan, akan kelihatan recikan kecil seperti kilat kecil.


Generator Van de Graff prinsip kerjanya sama dengan menciptakan daya listrik dengan menggosok (model gesekan). Gesekan di antara sabuk karet dengan silinder logam sisi bawah memunculkan daya listrik negatif pada sabuk karet.


Gesekan di antara sabuk karet dengan silinder politilen sisi atas memunculkan daya listrik positif pada sabuk karet. Pergerakan sabuk karet ke atas bawa muatan negatif mengucur ke kubah lewat ujung lancip pada bagian atas.


Elektron akan menyebar menempati semua permukaan kubah. Pada kubah sisi dalam tidak ada elektron. Adapun, pergerakan sabuk karet ke bawah bawa muatan positif.


Muatan positif sabuk karet ini mengucur lewat ujung lancip bawah ke tanah untuk dinetralkan. Silinder logam bawah digerakkan dengan motor listrik, hingga sabuk karet terus-terusan bergerak, hasilkan muatan negatif mengucur ke kubah, hingga tercipta daya listrik yang besar pada kubah generator Van de Graff.


Proses ini berjalan terus-terusan hingga kubah kumpulkan daya listrik positif dengan jumlah yang banyak. Pada gambar di atas kelihatan jika daya listrik negatif pada sabuk karet bawah mengucur lewat sisir logam bawah ke tanah dan dinetralkan.


Sama seperti yang kalian tahu jika generator Van de Graaff merupakan sebuah alat generator elektrostatik yang memakai sabuk serta bergerak untuk kumpulkan listrik tegangan tinggi namun konstan tegangan elektrostatis pada bola logam memiliki rongga pada bagian atasnya.


Pengertian Muatan Listrik
Pengertian Muatan Listrik


Pengertian Muatan Listrik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) muatan listrik ialah muatan yang tolak menampik atau muatan muatan yang tidak ambil menarik dengan style yang besarnya ditetapkan dengan hukum.


Berdasar pengertian muatan listrik dari KBBI, karena itu muatan listrik dapat dipandang seperti satu muatan yang berada di pada suatu benda dan dapat hasilkan style pada benda lain bila mempunyai muatan listrik.


Pengetahuan mengenai muatan listrik sudah diketemukan dengan seorang periset yang namanya Benjamin Franklin. Beliau mendapati muatan listrik saat lakukan eksperimen dengan memakai tangkai karet dan bulu-bulu domba.


Benjamin Franklin lakukan eksperimen ini dengan menggosokannya tangkai karet pada bulu-bulu domba. Sesudah lakukan eksperimen itu, karena itu nampaklah sebuah reaksi tangkai karet yang menimbulkan reaksi besarnya gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua muatan listrik yang berdekatan.


Tangkai karet rupanya dapat ambil menarik dengan tangkai kaca, saat ke-2 benda itu sama-sama bersisihan. Dari eksperimen itu, Benjamin Franklin berasumsi jika tangkai karet yang sudah digosok-gosokkan mempunyai muatan listrik di dalamnya.


Tiap muatan yang ada di suatu benda tidak dapat disamaratakan karena benar-benar tergantung pada kekurangan atau kelebihan elektron yang ada di benda itu. Disamping itu, Benjamin Franklin mengatakan jika benda yang mempunyai muatan listrik yang serupa, bila didekatkan akan sama-sama tolak menampik.


Tetapi, beda hal dengan ke-2 benda yang mempunyai muatan listrik yang lain, karena itu ke-2 benda itu akan sama-sama ambil menarik. Dari eksperimen yang sudah dilaksanakan oleh Benjamin Franklin, kita jadi ketahui bagaimana triknya untuk ketahui muatan listrik yang ada di suatu benda.


Langkah termudah untuk ketahui hal itu dengan menggosokannya ke-2 benda. Saat menggosokannya ke-2 benda itu, karena itu elektron akan beralih dari benda yang satu ke benda yang lain. Saat satu benda telah kehilangan elektron, karena itu benda itu bisa menjadi benda memiliki muatan positif dan benda yang dimasuki elektron akan beralih menjadi benda dengan muatan negatif.


Dari kejadian itu ke-2 benda akan sama-sama ambil menarik. Benjamin Franklin mengatakan jika peralihan muatan dari 1 barang ke barang yang lain ialah implementasi dari hukum kekekalan muatan.


Beliau mengaitkan jika ke-2 benda yang sama-sama digosok-gosokkan tidak hasilkan energi listrik yang baru tetapi cuman muatannya saja yang berpindah. Disamping itu, sepanjang ke-2 benda digosok-gosokkan, karena itu jumlah muatannya ialah 0.


Pada intinya, bila ingin ketahui muatan di suatu benda tak perlu dilaksanakan dengan ke-2 benda sama-sama digosok-gosokkan. Kita dapat menempatkan ke-2 benda sama-sama bersisihan saja, bila ke-2 benda sama-sama ambil menarik, karena itu ke-2 benda itu mempunyai muatan listrik yang lain.


Secara singkat, langkah menggosokannya benda ini cuman untuk mempermudah kita untuk ketahui muatan listrik di suatu benda. Karena penemuan muatan listrik, perubahan pada sektor listrik jadi lebih maju, hingga penemuan ini dapat disebut salah satunya penemuan penting di dunia kelistrikan.


Oleh karena itu, beberapa orang yang menjelaskan jika Benjamin Franklin sebagai seorang periset yang mempunyai peranan dalam perubahan kelistrikan.


Jenis Muatan Listrik

Penemuan yang mengenai muatan listrik ini bukanlah cuman hanya pemahaman, satuam, dan lambang saja, tapi sampai ke beberapa jenisnya. Benjamin Franklin sebagai penemu dari muatan listrik membagikan dua jenis muatan listrik, yakni muatan positif atau proton dan muatan negatif atau elektron.

  • Muatan Listrik Positif (Proton)

Benjamin Franklin menjelaskan jika muatan listrik positif (proton) ialah muatan listrik yang karakternya sama-sama tolak menampik dengan benda yang mempunyai muatan yang semacam.


  • Muatan Listrik Negatif (Elektron)

Benjamin mengatakan jika mu yang hendak keluarkan karakter tolak menampik bila benda itu didekatkan dengan plastik (mempunyai muatan), maka tolak menampik.


Agar lebih gamblang, karena itu berikut ini akan diterangkan mengenai konsep dasar dari alat yang menimbulkan muatan listrik yang bisa tentukan lewat jumlah proton dan elektronnya.


  • Jika satu benda mempunyai jumlah elektron yang semakin banyak, karena itu benda itu akan memiliki muatan negatif (Σ elektron > Σ proton).
  • Jika satu benda mempunyai jumlah elektron yang semakin sedikit, karena itu benda itu digolongkan ke benda memiliki muatan positif (Σ elektron < Σ proton).
  • Jika satu benda mempunyai jumlah proton yang semakin banyak, karena itu benda itu terhitung benda memiliki muatan positif (Σ proton > Σ elektron).
  • Jika satu benda mempunyai jumlah proton yang semakin sedikit, karena itu benda itu memiliki muatan negatif (Σ proton < Σ elektron).
  • Jika jumlah elektron dan jumlah proton sama, karena itu muatan benda itu ialah muatan netral (Σ elektron = Σ proton).


Perbedaan Listrik Statis Dan Dinamis

Pada dasarnya, energi listrik dibagi jadi dua, yakni listrik statis dan listrik dinamis. Tahukah kamu apakah bedanya listrik statis dan listrik dinamis?


Perbedaan dari listrik statis dan listrik dinamis adalah:

  • Listrik statis adalah listrik yang tidak mengucur (diam) dan peralihan arusnya terbatas. Dan listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengucur.
  • Listrik statis dibuat dari gesekan benda. Dan listrik dinamis dibuat dari sumber listrik atau pembangkit listrik.
  • Listrik statis tidak dapat disalurkan pada suatu serangkaian. Dan listrik dinamis dapat mengucur pada suatu serangkaian listrik.


Berikut keterangan mengenai listrik statis dan listrik dinamis dan contohnya:

Listrik Statis

Listrik statis adalah listrik yang diam di suatu benda. Listrik statis muncul karena gesekan atau gosokan dua benda.


Contoh listrik statis kerap kelihatan di kehidupan setiap hari yakni:

  • Saat kain wool disetrika dan didekatkan ke tubuh kita, karena itu ada listrik statis yang memikat rambut-rambut di tubuh kita.
  • Gosokkan balon ke rambut lalu lekatkan pada dinding, karena itu balon akan melekat pada dinding.
  • Dalam jumlah besar, peristiwa listrik statis kelihatan dari munculnya petir karena loncatan muatan listrik statis.
  • Penggaris mika jika digosok-gosokkan ke rambut lalu didekatkan ke sobekan kertas, karena itu kertas akan melekat ke penggaris.
  • Bila dua benda memiliki muatan didekatkan bisa terjadi dua peluang, yakni ambil menarik atau tolak menampik.
  • Pertama, bila benda memiliki muatan senama (+ dan +) atau (- dan -) maka sama-sama tolak menampik. Ke-2 , bila benda memiliki muatan itu tidak senama (+ dan -) akan ambil menarik.


Listrik dinamis

Listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Listrik dinamis muncul karena ada arus listrik sama arah dan arus listrik bolak-balik.


Arus listrik cuman dapat berpijar pada serangkaian listrik tertutup. Contoh listrik dinamis adalah pada battery dan lampu.


Battery punyai kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif adalah ujung battery dengan benjolan kecil. Kutub negatif adalah ujung battery yang rata (umumnya mengilap).


Bila ke-2 kutub disambungkan kabel, elektron mengucur dari kutub positif ke arah kutub negatif. Saat arus listrik melalui lampu, arus listrik mengakibatkan lampu berpijar.


Saat salah satunya ujung kabel dilepaskan dari kutub battery, lampu akan mati karena elektron tidak dapat mengucur. Tanda-tanda listrik bisa dibuktikan karena ada hidup lampu.


Lampu dapat berpijar karena ada elektron. Elektron mengucur memiliki arti elektron terus bergerak (dinamis). Oleh karenanya, tanda-tanda listrik yang muncul disebutkan listrik dinamis.


Kesimpulan Alat Yang Digunakan Untuk Menimbulkan Muatan Listrik Yang Besar

Dengan menggunakan benda ini seorang guru bisa memperagakan bagaimana suatu listrik statis bisa berjalan. Generator Van De Graff sebagai salah satunya alat yang bisa dipakai untuk memberikan dukungan pembelajaran fisika untuk materi Listrik statis.


Alat ini bisa memperlihatkan peristiwa listrik statis yang bisa langsung dilihat oleh pelajar, dengan keinginan pelajar lebih semangat dan semakin dapat pahami ide yang dikatakan guru.


Demikian artikel mengenai alat yang digunakan untuk menimbulkan muatan listrik yang besar disebut, semoga bermanfaat. Terimakasih, salam sukses.


Tags: listrik statis, listrik statis adalah, hukum coulomb, berikut ini yang bukan gejala listrik statis adalah, berikut ini yg bukan gejala listrik statis adalah, benda yang kelebihan elektron akan bermuatan, muatan listrik