Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian APD dan Fungsinya Bagi Pekerja Proyek

Daftar Isi [Lihat]

Jika sahabat bekerja pada suatu perusahaan besar APD merupakan kewajiban yang harus di pakai pada saat bekerja. Lalu apasih sebenarnya APD itu? berikut Pengertian APD dan Fungsinya Bagi Pekerja Proyek.

Pengertian APD dan Fungsinya Bagi Pekerja Proyek

Pengertian APD

A = Alat

P = Pelindung

D = Diri

APD = Alat Pelindung Diri

APD merupakan hal yang WAJIB di ketahui dan di gunakan oleh sahabat, apalagi jika sahabat akan atau sedang bekerja di suatu proyek. Ayo kita cari tau apa itu APD. 

Pengertian APD atau Alat Pelindung Diri yaitu alat-alat yang di gunakan untuk melindungi seseorang dalam bekerja dari potensi bahaya kecelakaan kerja. Alat pelindung diri APD) wajib di gunakan pada saat bekerja loh. Suka atau tidak suka, risih atau tidak risih wajib menggunakan APD atau alat pelindung diri. Kewajiban menggunakan APD atau alat pelindung diri sebenarnya untuk kebaikan sahabat. Ya, agar sahabat terlindungi dari, semoga tidak terjadi, kecelakaan kerja.

Wearpack atau Baju Safety

Resiko dalam bekerja bisa di minimalisir dengan adanya APD, salah satu APD yang sangat penting yaitu Baju Safety. Baju Safety ini bisa menghindari pekerja dari goresan-goresan benda tajam, atau melindungi tubuh dari terkena cairan berbahaya. 

Wearpack atau Baju Safety saat ini banyak sekali modelnya sesuai dengan standar keadaan di lapangan. Oleh karena pentingnya baju safety sebagai alat pelindung tubuh pekerja maka tiap-tiap perusahaan mewajibkan pekerjanya menggunakan baju safety ini.

Wearpack atau Baju Safety seorang welder akan berbeda jenisnya dengan baju safety pekerja proyek bangunan. Nah, akan kami sajikan berbagai jenis baju safety dan penjelasannya.

Di dalam dunia proyek baju safety biasa di sebut dengan Wearpack. Wearpack merupakan seragam khusus para pekerja proyek. Adapun Wearpack di bagi menjadi tiga jenis sesuai dengan resiko di lapangan, yaitu : 

➧ Wearpack atau Baju Safety sedang di gunakan untuk keadaan lapangan yang resikonya sedang.

➧ Wearpack atau Baju Safety rendah untuk keadaan lapangan yang resikonya kecil.

➧ Wearpack atau Baju Safety khusus untuk keadaan lapangan yang resikonya besar contoh di area pertambangan.

Wearpack modelnya ada yang bentuknya seperti jas hujan, terpisah antara atasan dan bawahan. Model ini di sebut model Wearpack Potongan. Model Wearpack Potongan ini di peruntukan untuk laki-laki dan perempuan.

Wearpack atau Baju Safety Model Potongan ini berjuan agar si pemakai mendapatkan kenyamanan sempurna pada saat menggunakannya. Model wearpack potongan di peruntukan untuk dua jenis keadaan lapangan.

Yang model biasa dan dan khusus. Perbedaanya hanya di pita reflektor untuk yang model khusus.

Coverall

Coverall adalah jenis baju safety yang antara baju dan celana terpisah tapi bukan seperti daster loh ya. 😀 

Coverall di desain agar si pekerja dapat dengan mudah melepaskannya. Sebutan yang familiar untuk baju jenis ini yaitu baju montir. Kalau sahabat pergi ke bengkel resmi mobil atau motor pasti banyak mendapati montir-montirnya mengenakan baju safety jenis ini.

Rompi Safety

Rompi Safety adalah jenis rompi yang di desain khusus untuk para pekerja proyek. Sahabat pasti pernah melihat rompi, ya, baju yang tanpa lengan. Untuk rompi pekerja proyek di bedakan dari bahan dan adanya garis reflektornya.

Selain itu untuk warna rompi proyek biasanya berwarna lebih cerah agar mudah di lihat pada saat di ruangan yang tertutup.

Tips untuk sahabat yang ingin membeli baju safety yaitu pilihlah baju safety yang terbuat dari bahan yang kuat.

Jika sahabat kerjanya bersinggungan dengan air maka pilihlah bahan yang tahan air. Untuk bahan yang biasanya di gunakan untuk baju safety adalah jenis kain Drill.

Selain itu pastikan baju safety yang sahabat pilih sesuai dengan ukuran tubuh sahabat pilih juga warna yang cerah, agar semakin nyaman di gunakan dan trendy hehehee.

Fungsi APD atau Alat Pelindung Diri

Fungsi APD atau alat pelindung diri seperti yang telah di sebutkan di atas, APD atau alat pelindung diri digunakan untuk melindungi bagian-bagian tubuh sahabat, baik untuk sebagian tubuh maupun keseluruhan tubuh.

Jika suatu saat, semoga tidak, mengalami kecelakaan kerja, sahabat akan lebih terlindungi pada khirnya sahabat akan mengalami sedikit cidera bahkan selamat tidak tergores sedikitpun.

Fungsi APD atau alat pelindung diri ini bukan hanya di pakai untuk yang bekerja di perusahaan besar saja loh ya, namun alangkah baiknya APD ini di gunakan pada saat bekerja bangunan biasa. Walaupun bekerja di proyek pembangunan berskala kecil alangkah APD ini di gunakan.

Fungsi APD atau Alat Pelindung Diri bentuk dan fungsinya bermacam-macam sesuai pekerjaan apa yang akan di kerjakan. Mulai dari yang melindungi kepala, melindungi pada saat bekerja di ketinggian, melindungi kaki dan lain sebagainya. Berikut alat-alat APD atau Alat Pelindung Diri dan juga fungsi-fungsinya :

☛ Safety Helmet

Yang pertama yaitu Safety helmet. Safety helmet ini suatu alat berupa helm dengan jenis tertentu yang berguna untuk melindungi kepala.

☛ Safety Belt

Yang kedua bernama Safety belt. Safety belt fungsinya untuk melindungi pekerja yang berada pada ketinggian. Spiderman berati pakai APD ya saat lompat-lompat di atas gedung. heheehee

☛ Safety Shoes

Yang ketiga yaitu Safety shoes. Fungsi dari Safety shoes yaitu untuk menghindari kecelakaan parah yang terjadi di bagian kaki seperti terkena benda tajam, cairan kimia yang berbahaya.

☛ Sepatu Karet

Yang keempat Sepatu karet (sepatu boot). Sepatu Karet atau sepatu bot berfungsi untuk melindungi kaki dari area basah. Untuk saat ini sepatu bot juga banyak yang di lapisi menggunakan metal sehingga bukan hanya melindungi kaki dari becek-becek namum juga melindungi kaki dari benda-benda tajam.

☛ Sarung Tangan

Yang ke lima yaitu Sarung Tangan. Sarung tangan di dunia proyek berfungsi untuk melindungi tangan dari cidera tangan. Sarung Tangan yang digunakan di dunia proyek di desain secara khusus agar fungsi Sarung Tangan sebagai pelindung tangan bisa berfungsi lebih kuat. Untuk bentuk Sarung Tangan pada proyek di desain sesuai pekerjaannya.

☛ Masker (Respirator)

Yang ke enam yaitu Masker (Respirator). Masker (Respirator) kita sudah familiar dengan alat ini sejak munculnya pandemi. Ya fungsi masker sebagai alat pelindung yang fungsinya menyaring udara yang kita hirup agar kualitas udara yang kita hirup berkualitas baik.

☛ Jas Hujan (Rain Coat)

Yang ke tujuh yaitu Jas Hujan (Rain Coat). Fungsi jas hujan pada dunia proyek berfungsi bukan cuma sebagai melindungi tubuh agar tidak terkena air namun beberapa jas hujan saat ini juga bisa untuk melindungi tubuh dari cairan kimia yang berbahaya atau melindungi tubuh dari api.

☛ Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)

Yang ke delapan yaitu Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses). Kaca mata di dunia proyek biasanya di gunakan oleh welder atau tukang las. Kaca mata ini di desain khusus untuk melindungi mata dari cahaya yang di timbulkan pada saat pengelasan.

☛ Penutup Telinga (Ear Plug)

Yang ke sembilan yaitu Penutup Telinga (Ear Plug). Alat ini fungsinya agar pekerja tenang dan bisa konsentrasi di tengah kebisingan.

☛ Pelindung Wajah (Face Shield)

Yang kesepuluh yaitu Pelindung Wajah (Face Shield). Fungsi Pelindung Wajah (Face Shield) ini agar wajah kita bisa terlindungi dari hal-hal yang berbahaya, seperti cairan kimia atau percikan api dan lainnya yang berbahaya.

☛ Pelampung

Yang ke sebelas yaitu pelampung. Pelampung ini di gunakan oleh para pekerja yang berada di air. Fungsi pelampung dalam dunia proyek bukan hanya melindungi kita dari tenggelam namun juga berfungsi mengatur keterapungan pada saat melaksanakan tugas atau pekerjaan.

Berikut itu tadi beberapa penjelasan tentang APD atau alat pelindung diri di dunia proyek beserta fungsi-fungsinya. Untuk sahabat yang akan bekerja sebaiknya mengetahui pengertian dan fungsi APD di dunia proyek, agar sahabat terlindungi saat bekerja. Cari tau juga apakah di tempat kerja sahabat di wajibkan memakai APD atau tidak, jik iya, maka tempat bekerja sahabat memiliki standar keselamatan yang baik.

Baca juga tentang dunia proyek disini

Semoga artikel tentang penjelasan APD atau alat pelindung diri dan fungsi apd di dunia proyek bisa bermanfaat untuk sahabat semua.

Terimakasih. Salam Sukses