Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Iklan Yang Belum Diketahui Banyak Orang, Pembisnis Wajib Tau

Daftar Isi [Lihat]

Hakikat keberadaan atau peran produsen adalah membuat produk - barang atau jasa yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu, salah satu kewajiban penting dari produsen adalah memiliki kemampuan untuk menjelaskan produknya kepada publik.

Fungsi Iklan Yang Belum Diketahui Banyak Orang
Fungsi Iklan Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Setiap kali ada produk baru, produsen berkewajiban menerangkan kepada konsumen, bagaimana produk itu memberi manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka sehari-hari. Inilah fungsi inti dari iklan yang sesungguhnya.

Tujuan beriklan

Tujuan beriklan bukan untuk meningkatkan penjualan semata, namun lebih dari itu, menawarkan kebaikan serta manfaat pada masyarakat. Kalau pengertiannya demikian, bukankah kegiatan iklan mirip dengan kegiatan dakwah ?

Iklan juga membantu merangsang aktifitas pengecer, grosir dan tenaga pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Mereka berperan baik secara langsung maupun tidak langsung mendistribusikan produk barang/jasa berkwalitas tinggi yang dipasok oleh produsen.

Jika produsen lalai dalam tugasnya untuk melakukan pengiklanan, dan merasa bahwa promosi bukanlah tugasnya, maka para pemasar atau distributor akan merasa bahwa mereka tidak memperoleh sokongan moral yang dibutuhkan, dan penjualan akan terganggu. Pada fihak lain, minat produsen dalam pengiklanan akan memberi kekuatan terhadap daya penjualan dan meningkatkan moral para penyalur, memberikan rasa percaya diri yang lebih besar dan antusiasme pada mereka dalam melakukan pekerjaan.

Fungsi Iklan

Fungsi iklan secara sederhana adala memberikan pemahaman kepada yang melihat bahwa ada produk yang dijual. Namun, seringkali para pengiklan mengabaikan hal penting ini alih-alih ingin menjadi viral.

Di tengah persaingan dunia usaha yang makin ketat, iklan dan promosi penjualan kian penting. Namun seringkali iklan hanyalah diarahkan untuk meningkatkan penjualan tanpa fungsi yang jelas. Demi mengejar target penjualan, banyak iklan yang memberikan kesan berlebihan bahkan persepsi salah mengenai suatu produk, dan bila hal itu terjadi, maka iklan bukan lagi menjadi suatu sumber informasi yang tepat sasaran.

Dan yang jelas, fungsi iklan bukan lagi kegiatan dakwah, penjelasan mengenai dakwah bisa dilihat disini, sebab berpotensi menimbulkan kekecewaan pelanggan. Mengevaluasi iklan-iklan secara teratur sangatlah disarankan, dan jangan sekali-kali melupakan maksud sebenarnya dari kegiatan beriklan.

Perkembangan teknologi internet yang pesat di tanah air, memberikan peluang bagi para produsen untuk memiliki sarana efisien dan efektif dalam “berdakwah” melalui website. Website dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai produk barang atau jasa serta kerja keras yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk memberi manfaat kepada pelanggan dan masyarakat.

Anda akan menemukan banyak sekali informasi bisnis dan dunia proyek disini