Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Gedung Bulutangkis Berikut Hal Wajib Yang Perlu Diketahui Dan Biayanya

Daftar Isi [Lihat]

Konstruksi gedung bulutangkis yang kokoh dan tahan lama merupakan idaman bagi para pecinta pemain yang memegang raket. Dengan adanya lapangan dengan konstruksi yang kokoh maka tidak menimbulkan gangguan angin dan yang jelas aman untuk digunakan.


Konstruksi Gedung Bulutangkis
Konstruksi Gedung Bulutangkis


Untuk mereka yang akan membuat lapangan bulutangkis, biasanya akan berusaha untuk hitung terlebih dulu berapakah ongkos pembikinan lapangan bulutangkis yang dibutuhkan. Tentu saja ini cukup perlu dikerjakan ingat aspek terpenting dalam lancarnya sebuah konstruksi gedung bulutangkis terhitung factor biaya yang diperlukan. Tanpa dana yang memenuhi tentunya pembangunan tidak bisa berjalan mulus dan optimal.


Konstruksi Gedung Bulutangkis

Lapangan badminton atau konstruksi gedung bulutangkis sebenarnya mempunyai lebar dan panjang yang serupa. Namun, ukuran lapangan badminton diperbedakan sama sesuai nomor yang ditandingkan yakni tunggal dan double.


Konstruksi Gedung Bulutangkis
Konstruksi Gedung Bulutangkis


Badminton ialah tipe permainan bola kecil dimainkan dalam suatu lapangan khusus. Lapangan badminton mempunyai wujud segi panjang yang dipisah jadi dua persegi sama panjang oleh jala atau net yang ada di tengah. Untuk laga sah, lapangan badminton harus sama sesuai standard (BWF) dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).


Faktor Kualitas Konstruksi Gedung Bulutangkis

Ada banyak faktor yang musti diperhatikan manakala Anda akan membangun konstruksi gedung bulutangkis. Faktor-faktor inilah yang menunjukan suatu konstruksi gedung bulutanggis bisa disebut baik atau buruk.


  • Ukuran tempat dan konstruksi gedung bulutangkis

Agar bisa ketahui bagaimana konstruksi gedung bulutangkis anda, karena itu anda harus dengan cara tepat ketahui ukuran tempat yang hendak anda jadikan lapangan badminton. 


Ukuran tempat sangat penting karena dari sana kelak anda dapat mengetahui membagikan tempat buat apa saja. 


Maka dari itu saat sebelum anda mengontak jasa kontraktor yang hendak anda tentukan, karena itu anda harus tahu dengan cara tepat berapakah ukuran tempat yang nanti akan dikerjakan.


  • Jumlah lapangan yang hendak ditangani

Selainnya ketahui ukuran tempat, hal seterusnya yang penting disiapkan untuk membikin konstruksi gedung bulutangkis ialah berapakah jumlah lapangan yang hendak ditangani. Dengan ketahui jumlah tentu lapangan badminton yang hendak ditangani karena itu bisa disamakan ukuran sama ukuran tempat yang ada.


  • Sarana pendukung

Hal ke-3 yang penting jadi perhatian seterusnya dan terkait dengan point 1 dan point 2 di atas ialah berkaitan dengan sarana pendukung. Selainnya tentukan keseluruhan lapangan yang hendak ditangani, karena itu anda juga harus tentukan apa sarana pendukung yang berada di lapangan badminton anda. 


Seperti berapakah kamar tukar, toilet, tribune, tempat parkir, ruangan display (bila ada yang ingin anda perjual-belikan berkaitan dengan perlengkapan badminton), cafe, dan sarana yang lain. Dengan demikian nanti bisa dikondisikan sama sesuai ukuran tempat yang disamakan. Ini akan menolong saat membuat design lapangan badminton anda.


  • Tentukan ide bangunan

Seterusnya akan tentukan bagaimana ide bangunan dari lapangan badminton atau tentukan bentuknya. Umumnya wujud dari lapangan badminton atau badminton seperti gudang secara umum. Namun tetap saja ada standarisasi yang penting jadi perhatian untuk membikin lapangan badminton.


Satu diantaranya ialah perputaran udara, memanglah tidak perlu banyak-banyak namun tetap harus ada perputaran udara. Dianjurkan dibikin angin-angin di bawah lantai dari lantai 50 cm. Tidak dianjurkan untuk membikin pada bagian atas karena akan memengaruhi pergerakan dari coc dan justru mengusik pemain.



Baca Juga: Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi


Tambahan Agar Konstruksi Gedung Bulutangkis Terlihat Lebih Indah

Hal kecil dalam pembuatan konstruksi gedung bulutanggis dapat mendukung kualitasnya. Ada beberapa hal yang musti diperhatikan perihal ini, seperti:


  • Tinggi Tembok

Berapa tinggi gedung bulutangkis? Ide bangunan lapangan badminton termasuk juga dengan tinggi gedung, untuk tinggi gedung badminton yakni tinggi tembok rerata 8 mtr. Tetapi di titik tengah dari lantai sesudah bergabung dengan kuda-kuda ialah 10 sampai 11 mtr.


Selanjutnya untuk penutup kelilingnya seperti apakah, ingin memakai bahan dari bata atau hebel. Memakai mekanisme tengah atau memakai galvalum karena itu dapat sesuaikan nanti.


  • Atap Gedung Olahraga

Selanjutnya untuk atap dianjurkan disarankan memakai bahan dari galvalum yang pada bagian dalamnya memakai susunan zelltech dari alumunium sebab bisa menahan panas.


Hingga pemain dapat nyaman tenang dan usahanya tidak besar karena tidak panas. Karena jika lapangan badminton panas karena itu sudah pasti akan kurangi nilai dan pasti membuat beberapa orang malas ke lapangan badminton anda.


  • Keadaan Lantai Lapangan

Keadaan lantai sebagai salah satunya keadaan yang paling rawan. Penting diingat dari pemilik atau usaha owner apa tempat yang dipakai ialah tempat gambut, urugan atau telah daratan.


Karenanya akan memengaruhi kualitas lantai. Seharusnya dilaksanakan pengecoran dengan ketinggian 15 cm kualitas kurang k100 memakai wiremesh besi 8 ml.


Di saat pengecoran dilaksanakan finising trowel dengan floor hardener karena itu usaha owner tak perlu lakukan pengacian. Perannya floor hardener apa? Mengantisipasi bila terjadi kelembapan pada lantai hingga pastikan lantai terus kering.


  • Tipe Lantai Lapangan Badminton

Faktor yang ini tentu punya pengaruh pada perincian ongkos pembikinan lapangan badminton indoor. Anda harus juga memerhatikan tipe lapangan badminton apa yang ingin anda pakai.


Vinyl sebagai salah satunya tipe bahan yang tersering diputuskan. Vinyl juga ada macamnya, yakni yang pertama ialah type sand yang mempunyai permukaan seperti pasir lembut. 


Dan tingkat menengah ialah type lychee, banyak memiliki pecinta karena halus dan tidak licin. Ke-2 tipe bahan ini telah melalui tes medis dan sesuai standard BWF dan PBSI. Anda dapat mengkonsultasikan bersama Raga Sport Flooring.


  • Tiang Net Badminton Portable

Tiang net badminton portable (tidak ditanamkan kembali) karena akan menghancurkan lantai. Bila memakai portable bisa dipindahkan ke mana saja, dibikin sesuaikan standarisasi PBSI. Mulai bermaterial, tinggi, dan berat telah dilaksanakan penelitian.


  • Lampu GOR Badminton

Lampu lapangan badminton indoor perlu dipikir. Pertama kali harus dipikir, apa lapangan itu akan dipakai sebagai full lapangan badminton atau lapangan multi-fungsi? Bila memang digunakan untuk badminton karena itu harus disamakan dengan standarisasi badminton, lampu terpasang melebar antara lapangan.


Dilaksanakan dengan membuat bentang melebar untuk lapangan badminton. Untuk jumlah lampu opsional karena sesuai keperluan lapangan badminton. Dianjurkan memakai Philips LED yang smooth, terpasang mejeng dari lebar lapangan. 1 lapangan badminton diperlukan 20 lampu. Segi kanan 10 dengan 5 penampang. Disebelah kiri pemain terpasang penampang yang serupa.


  • Cat Dinding Bangunan

Untuk penyeleksian warna cat dinding bangunan, seharusnya condong warna gelap seperti warna biru atau hijau. Jauhilah warna yang bertubrukan seperti warna ceria, sebab bisa membuat coc jadi tidak terlihat. Anda dapat mengkonsultasikan dahulu nanti.


Baca Juga: Biaya Konstruksi Baja WF


Biaya Konstruksi Gedung Bulutangkis

BACAHAPE - Badminton atau panggilan yang lain Badminton sebagai satu tipe olahraga yang bermainnya di antara 2 pemain, dapat satu atau dua musuh dengan memakai raket dan kok (shuttlecock).


Memang secara dasar, permainan badminton ini serupa dengan tenis dengan melemparkan kok memakai pukulan dari raket ke musuh begitu juga kebalikannya.


Tetapi pada laga badminton ini tidak memakai meja seperti tenis, tetapi lapangan yang tidak di alasi memakai rumput.


Lantai lapangan badminton memakai beberapa bahan material seperti karpet interlock, lantai vinyl, sintetis, sampai parket kompak.


Nach saat sebelum hitung berapakah biaya konstruksi Gedung Bulutangkis dari lantainya, sebaiknya ketahui berapakah ukuran lapangan sama sesuai standard nasional dan internasional.


  • Ukuran Lapangan Badminton Nasional dan Kelas Internasional

Standarnya lapangan badminton berwujud segi panjang dan di bagi jadi dua sisi dengan jala atau umum disebutkan jala net yang membagikan dua sisi lapangan.


Penataan standard yang di haruskan untuk lapangan di untuk di antara laga tunggal dan double. Lapangan double lebih lebar dari lapangan tunggal, tetapi panjang ukuran sama-sama.


Berikut ukuran lantai lapangan badminton nasional dan internasional.


Jenis KebutuhanUkuran
Panjang lapangan13,40 mtr
Lebar lapangan6,10 mtr
Jarak garis servis depan dari net1,98 mtr
Jarak garis servis belakang (untuk laga double)0,76 mtr
Jarak garis servis tengah dari samping3,05 mtr
Jarak garis samping laga tunggal dari garis tepi0,46 mtr


Ukuran lapangan nasional dan internasional di atas sebagai satu ketetapan. Maknanya tidak ada ketidaksamaan standard ukuran lapangan di luar dan dalam negeri.


  • Tipe Kayu Untuk Lantai Lapangan Badminton

Lantai kayu menjadi satu diantara bahan material khusus lantai lapangan badminton. Hal tersebut karena lantai kayu banyak memiliki kelebihan yang membuat laga jadi lebih nyaman.


Material kayu pada lantai jadikan pemain akan nyaman bertumpu diatasnya, tidak seperti tipe lantai keras yang lain membuat ngilu saat lama bertumpu di atasnya.


Tapi tidak seluruhnya tipe kayu bisa menjadi material lantai lapangan badminton. Itu karena faktor-faktor seperti tingkat kekerasan, kemampuan, dan ke awetan yag berlainan pada tiap tipe kayu.


Berikut tipe lantai lapangan badminton yang bisa menjadi rekomendasi:


  1. Kayu Parket Jati
  2. Lantai Lapangan Bulutangkis memakai kayu jati
  3. Lantai kayu parket jati menjadi satu diantara material yang di utamakan dalam lantai lapangan badminton.


Kelebihan yang dipunyai kayu jati memberikan nilai plus pada lapangan, dari sisi warna, pola atau kualitas kayunya yang lumayan baik.


Kayu parket jati ini rerata memiliki ukuran 1 x 5 x 20 sampai 30cm per satu pcs nya. Parket jati dibagi jadi tiga sisi grade yang memengaruhi ketidaksamaan harga pada setiap tipe grade.


Dari parket jati grade A, B sampai C mempunyai kekurangan dan keunggulannya. Parket jati grade A sebagai tipe grade yang tertinggi, mempunyai kualitas yang terbaik dari 2 tipe grade di bawahnya.


Untuk lantai lapangan badminton di anjurkan memakai kayu parket jati grade A, karena untuk kurangi pemeliharaan yang terlalu berlebih dan mempunyai tingkat keawetan yang lumayan lama.


  1. Kayu Lantai Bahan Kayu Merbau
  2. Lantai Lapangan Bulutangkis memakai kayu merbau
  3. Tipe kayu merbau ini menjadi alternative opsi selainnya kayu jati.


Kualitas yang dipunyai kayu merbau dapat di utamakan walau tidak sehebat kayu jati tetapi kayu merbau ini mempunyai keunggulan lain dari kayu jati.


Merbau mempunyai karakter warna coklat kemerahan dan terhitung di dalam kelompok kayu keras. Kayu merbau bisa di utamakan untuk lantai lapangan badminton karena mempunyai kualitas yang lumayan baik dan mempunyai warna yang bagus dan tumbuhkan situasi eksklusif pada lega.


  • Lantai Lapangan Bulutangkis memakai vinyl

Bila ke-2 tipe lantai kayu kompak di atas mempunyai harga yang lumayan tinggi, ada alternative lain untuk mengirit biaya pembikinan lapangan badminton.


Yaitu lantai sintetis atau lantai kayu bikinan. Walau dibikin berbahan bikinan, material lantai tipe ini mempunyai tingkat ketahanan yang lumayan baik untuk dipakai dalam fasilitas olahraga seperti badminton.


Ada dua tipe lantai kayu bikinan yang menjadi rekomendasi yakni lantai vinyl dan lantai laminate. Ke-2 tipe lantai ini mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing.


Lantai Vinyl dibuat berbahan intinya PVC (Polyvinyl Chloride) mempunyai karakter yang lentur atau fleksibel. Kelebihan itu jadikan lantai vinyl ini bisa gampang terpasangkan dan biaya jasa pasang yang lebih berteman di kantong.


Lantai Laminate sebagai tipe lantai yang dibuat berbahan serbuk kayu yang di padatkan hingga jadi lurusan yang kuat dan kuat. Tipe lantai laminate ini menjadi alternative lain selainnya lantai vinyl.


  • Biaya Penempatan Lantai Kayu

Saat sebelum hitung keseluruhan biaya pembikinan lapangan badminton dari lantainya pasti harus ketahui terlebih dulu biaya jasa pasang lantai kayu.


  1. Lantai kayu standar Rp 170.000 /m²
  2. Lantai kayu di atas media keramik Rp 190.000 /m²
  3. + Beradu manis Rp 75.000 /m²
  4. + Skirting/plint Rp 30.000 /m


Harus diingat biaya di atas tidak masih tetap tetapi setiap saat akan berbeda sama sesuai ketetapan perusahaan.


Sesudah ketahui berapakah biaya jasa pasang lantai kayu seterusnya langkah hitung biaya pembikinan lapangan badminton dari lantainya.


Berapakah Keseluruhan Biaya Konstruksi Gedung Bulutangkis

Untuk hitung keseluruhan biaya pembikinan lapangan badminton pada penempatan lantai lapangan badminton dengan mengalikan luas lapangan pada biaya pasang dan harga parket, detilnya semacam ini:


  1. Panjang lantai lapangan badminton ialah 13,40 mtr. dan lebarnya 6,1 mtr.
  2. 13,40 mtr. x 6,1 mtr. = 81,74 m2
  3. Harga parket kayu jati grade A memiliki ukuran 5×30 ialah Rp. 280.000 /m²
  4. Biaya pasang lantai kayu standard Rp 170.000 /m²
  5. 280.000 x 170.000 = 450.000 /m²
  6. Hasilnya 81,74 m2 x 450000 = Rp. 36.783.000,-


Keseluruhan biaya pembikinan lapangan badminton dari lantainya di atas pasti bisa berbeda bergantung pada biaya produk lantai yang hendak dipakai dan luas yang lain.


Bila inginkan keseluruhan biaya tentu yang menjadi agunan silakan hitung keseluruhan biaya dengan di atas dan tentunya memakai keseluruhan ukuran lapangan dan tipe material lantai yang disamakan.


Demikian artikel mengenai konstruksi gedung bulutangkis. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.